Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singkirkan MIT dan UC Berkeley, Mahasiswa Bandung Raih Juara Dua UMC 2015

Kompas.com - 06/03/2015, 15:08 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com – Tim Brainstat dari Fakultas Informastika (FIF) Telkom University Bandung meraih posisi kedua dalam ajang University Mobile Challenge (UMC) 2015. Tim Indonesia ini mengungguli berbagai universitas ternama seperti University of California Berkeley dan MIT.

“Dalam lomba ini, Tel-U mempersembahkan inovasi berupa Integrated Transportation Safety (ITS), sebagai sistem keamanan transportasi terintegrasi yang diciptakan untuk meningkatkan keamanan pada sistem transportasi umum,” ujar pencipta ITS, Dody Qori Utama, dalam rilis yang diterima, Jumat (6/3/2015).

ITS, sambung Dody, adalah sistem keamanan transportasi yang terintegrasi dimana Brainstat salah satu bagiannya. ITS melakukan pemetaan dan pengawasan kondisi transportasi, meliputi pengawasan terhadap posisi kendaraan, kondisi mesin kendaraan dan kondisi pengemudinya.

Brainstat inilah yang bekerja mengawasi kondisi pengemudi, apakah ia dalam kondisi fit, mengantuk, mabuk, atau stres. Brainstat menjadi awal mula pengembangan Integrated Transportation Safety karena telah dikembangkan Dody sejak tahun 2010.

“Integrated Transportation Safety mendeteksi posisi kendaraan. Kemudian mendeteksi kondisi kendaraan dan kondisi pengemudi. Misalnya kondisi mesin overheat, supir mengantuk, atau posisi kendaraan salah jalur,” papar Dody.

Lalu, sambung Dody, informasi tersebut dikirim ke server melalui teknologi radio frequency. Informasi dipetakan sehingga menjadi blackbox online dan memudahkan pemantauan.

“Blackbox online ini bisa diterapkan di transportasi umum seperti pesawat, kereta api, kapal laut, bis, dan mobil. Hal ini memungkinkan untuk mendeteksi anomali sebelum terjadi kecelakaan dan interupsi kalau ada masalah,” ucap Dody.

Dody mengungkapkan, ITS akan terus dikembangkan. Ke depan, Dody dan tim yang didominasi mahasiswa berencana untuk mengembangkan Integrated Transportation Safety agar dapat mendeteksi cuaca buruk.

UMC 2015 merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Applied Innovation Institute. Malam final berlangsung di Fira Montjuic Barcelona Senin-Rabu 2-4 Maret 2015. Dalam UMC 2015, tim Indonesia bertanding dengan kampus-kampus terbaik dunia seperti dari Pace University, UT Austin, Massachusetts Institute of Technology (MIT), dan University of California, Berkeley, Amerika Serikat.

Selain itu, tim bertanding dengan universitas lainnya seperti, University of Capetown Afrika Selatan, University of Waterioo Kanada, Nanyang Technical University, Singapura, Tallinn University of Technology, Estonia, dan universitas internasional lainnya.

Sebelum masuk babak final, tim Brainstat berhasil melalui serangkaian proses seleksi secara online sehingga tim Brainstat dinyatakan berhak mewakili Indonesia dan mengikuti grand final di Barcelona, Spanyol pada 1-5 Maret 2015. Ajang ini juga merupakan serangkaian Mobile World Congress, pertemuan tahunan terbesar industri mobile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com