Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Landa Manokwari, 1.000 Warga Mengungsi

Kompas.com - 06/03/2015, 12:04 WIB
MANOKWARI, KOMPAS.com - Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat, tercatat ada 1.000 warga Distrik (Kecamatan) Masni, Kabupaten Manokwari, yang mengungsi akibat banjir yang melanda daerah.

"Warga yang mengungsi akibat banjir tersebut adalah warga Kampung Wariori sebanyak 400 jiwa, Kampung Masaburi sebanyak 300 jiwa dan warga Kampung Kali Merah sebanyak 300 jiwa dengan total 1.000 jiwa," kata Kepala BPBD Papua Barat Derek Ampnir di Manokwari, Jumat (6/3/2015).

Derek mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir ini, kecuali kerugian material yang diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Kerugian itu muncul dari ratusan rumah dan ratusan hektar sawah terendam air.

Banjir di Distrik Masni Manokwari terjadi akibat luapan tiga sungai di daerah itu, yakni Sungai Masaburi, Sungai Wariori dan Sungai Merah. Hingga saat ini, korban masih berada di tenda-tenda pengungsian dan sudah ada bantuan dari pemerintah daerah setempat. Bantuan berupa bahan makanan dan obat-obatan untuk kebutuhan selama lima hari ke depan.

"Kami sudah menurunkan tim ke lokasi banjir sejak menerima laporan dan hingga saat ini tim masih berada di lokasi guna menangani masyarakat yang mengungsi," kata dia.

Selain itu, BPBD Provinsi serta Kabupaten Manokwari menyediakan air bersih dan membuka dapur umum untuk masak makanan bagi masyarakat yang rumahnya terendam air.

Warga Kampung Wariori diperkirakan bakal berada di tempat pengungsian dalam waktu yang lebih lama, sebab hujan terus mengguyur daerah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com