Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Protes Kebrutalan Polisi, Wartawan di Lampung Jalan Mundur

Kompas.com - 05/03/2015, 21:34 WIB
Angger Putranto

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Kasus yang menimpa jurnalis Tribun Lampung mengundang simpati rekan-rekan sejawat. Sejumlah jurnalis di Lampung menggelar aksi tabur bunga dan jalan mundur di bundaran Adipura Bandar Lampung, Kamis (5/3/2015).

Dalam aksi yang digagas Pewarta Foto Indonesia (PFI) Lampung dan didukung Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Lampung dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung tersebut, sejumlah jurnalis meletakkan kamera dan kartu pers mereka di tanah dan menaburkan bunga di atasnya. Mereka juga sempat memberikan pernyataan sikap terkait kasus yang menimpa salah satu rekan wartawan di Lampung.

"Kami sangat menyayangkan apa yang dilakukan oleh oknum polisi tersebut. Kami mengutuk keras serta menuntut Kapolda Lampung mengusut tuntas kasus ini. Kami juga meminta kepada Polda Lampung untuk memberikan jaminan keamanan kepada Ridwan dan bahkan kepada seluruh jurnalis Lampung baik dalam menjalankan pekerjaannya maupun tidak," tutur Ketua PFI Lampung Ferdiansyah selaku koordinator aksi.

Tak cukup dengan menyampaikan peryataan sikap dan tabur bunga, sejumlah jurnalis melakukan aksi jalan mundur mengelilingi bundaran Adipura. Aksi ini sebagai gambaran kemunduran Polda Lampung yang salah alamat saat melakukan penggerebekan di rumah wartawan Tribun Lampung, Ridwan Hardiansyah.

Seperti diberitakan sebelumnya, wartawan Tribun Lampung, Ridwan Hardiansyah menjadi korban salah tangkap oknum polisi dan dituduh terlibat dalam kasus peredaran narkoba. Ridwan digerebek saat berada di kediamannya di Tanjungkarang, Bandar Lampung, Rabu (4/3/2015) siang. Ia mengaku sempat mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari lima orang polisi berpakaian preman yang menyatroni rumahnya.

"Saya sempat dibekap, diborgol dan diancam akan ditembak. Jujur sampai sekarang saya trauma, sampai sekarang saya takut pulang ke rumah. Sekarang yang terpenting keselamatan istri dan anak saya," ujar Ridwan. [Baca juga: Wartawan "Tribun Lampung" Disekap dan Diancam Tembak oleh Polisi]

Menanggapi peristiwa tersebut, Polda Lampung diwakili jajaran Direktorat Narkoba Polda Lampung sudah bersilaturahmi ke kantor Tribun Lampung dan Sekretariat AJI Bandar Lampung untuk meminta maaf. [Baca juga: Polda Lampung Minta Maaf atas Aksi Brutal Polisi ke Wartawan "Tribun"]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com