Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma Terima Gelar Doktor Honoris Causa dari ITS

Kompas.com - 04/03/2015, 12:01 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) memberikan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Pemberian gelar kehormatan itu diberikan dalam Rapat Senat Terbuka di Gedung Graha ITS Surabaya, Rabu (4/3/2015).

Gelar kehormatan untuk Risma diberikan dalam bidang Manajemen Pembangunan Kota di Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. "Ini kami berikan atas sepak terjang Bu Risma dalam membangun Kota Surabaya selama lima tahun terakhir," kata Rektor ITS, Triyogi Yuwono.

ITS, kata Triyogi, tidak gampang memberikan gelar kehormatan akademik kepada seseorang, kecuali orang tersebut dinilai sangat berperan dan berkontribusi nyata dalam dunia akademik. "Selama 55 tahun, ITS hanya memberikan dua gelar kehormatan, yang pertama untuk Doktor Hermawan Kertajaya, dan kedua untuk Bu Risma," kata dia.

Secara akademik, Wali Kota perempuan pertama Kota Surabaya itu dinilai berhasil mengembangkan Surabaya dengan tiga kekuatan sekaligus yakni, Surabaya sebagai kota profit, ekologi, sekaligus menghimpun partisipasi publik untuk berperan aktif dalam pembangunan kota. "Ini yang tidak dimiliki oleh kepala daerah lain di Indonesia," tambahnya.

Dalam orasi ilmiahnya, Risma yang juga alumnus pascasarjana ITS jurusan Arsitektur Bidang Keahlian Manajemen Pembangunan Kota pada 2002 itu, menerangkan tentang "Kota Hijau dalam Dimensi Inovasi dan Manusia". 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com