Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Begal, Polres Semarang Amankan 32 Joki Balap Liar

Kompas.com - 01/03/2015, 20:58 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Polres Semarang menggiatkan razia malam guna mempersempit ruang gerak aksi kejahatan begal dan balap liar yang meresahkan masyarakat. Dalam operasi yang dilakukan pada Minggu (1/3/2015) dini hari, polisi mengamankan 28 motor dan 32 orang joki balap liar.

"Semua joki kita tilang sesuai ketentuan yang berlaku. Sedangkan kendaraan akan tahan sekitar satu bulan, untuk shock therapy," kata Kabag Ops Polres Semarang Kompol Dax Emmanuelle Samson Manuputy, Minggu.

Pihaknya kemudian mewajibkan orangtua pebalap liar tersebut untuk datang ke Markas Komando Satlantas Polres Semarang untuk mengambil motor dan menandatangani surat pernyataan berisi kesanggupan membina anak-anaknya.

"Motor yang dimodif seperti ban kecil, protolan dan knalpot racing wajib dikembalikan standar pabrikan. Onderdil dan asesoris yang tidak standar kita sita sebagai barang bukti," ujarnya.

Berdasarkan pengamatannya, sejumlah titik yang kerap digunakan untuk ajang balap liar di antaranya adalah Bawen, Jalan Diponegoro Ungaran dan exit tol Ungaran.

"Wilayah kita ini cukup rawan, apalagi jika malam minggu. Ditambah lagi jalan utama yang cukup panjang. Kami mengantisipasi aksi curanmor maupun tindak pidana lainnya," tandas Dax.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com