Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Jusuf Kalla Disambut Layaknya Warga Kehormatan di Ambon

Kompas.com - 27/02/2015, 04:52 WIB
Suhartono

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Kedatangan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kota Ambon, Maluku, untuk Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia, mempunyai makna yang khusus bagi warga di Maluku.

Maklum, Wapres Kalla merupakan tokoh di balik perdamaian dalam konflik di Ambon pada periode 1999-2003. Dialah yang mempertemukan tokoh-tokoh di balik konflik Islam-Kristen yang akhirnya membawa perdamaian di daerah tersebut.

Tak heran jika kepada tokoh yang dianugerahi sebagai Warga Kehormatan Kota Ambon, Wapres Kalla disambut secara khusus. Bukan hanya dari sisi pengamanan yang mengerahkan sekitar 2.000 dari TNI, Polri dan aparat sipil lainnya, tetapi juga penyambutan di sepanjang jalan mulai dari Bandara Pattimura hingga Rumah Jabatan Gubernur Maluku.

Anak-anak sekolah mulai dari Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Lanjutan dimobilisasi dengan mengibar-ngibarkan bendera Merah Putih. Warga di sekitar kota Ambon juga berdiri berjejer di pinggir jalan yang dilalui rombongan Wapres Kalla.

"Kalau Pak JK jangan ditanya. Dia warga kehormatan kita yang berjasa besar mendamaikan konflik di sini. Ya, harus kita sambut," tutur pegawai Hotel Manise di Jalan WR Soepratman, Kota Ambon, Kamis (26/2) sore waktu setempat.

Hal yang sama diutarakan seorang pejabat militer di Ambon saat ditemui Kompas di Rumah Jabatan Gubernur di Kompleks Mangga Dua, Ambon.

Bahkan sejumlah koran lokal seperti Ambon Ekspres mengangkat tema utama kedatangan Wapres Kalla dengan menyebut, "Wapres Ber-KTP Ambon..." Wartawan yang biasa meliput kegiatan Wapres Kalla yang menyertai perjalanan Wapres pun diangkut khusus dengan bus milik Komandan Resort Militer 151 Binaya.

JK sendiri tercatat datang terakhir kalinya pada saat kampanye sebagai calon Wapres pada Juni 2014 lalu. Waktu itu, JK mendampingi calon Presiden Joko Widodo. Akhirnya, pasangan Jokowi-JK unggul meskipun hanya beda suara yang tak terlalu jauh dengan pasangan Praboro Subianto-Hatta Rajasa.

Kompas yang ikut beberapa kali dengan rombongan Wapres Jusuf Kalla saat masih bersama dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 2004-2009, merasakan sambutan yang hangat jika tiba di Ambon. Tentu kunjungan Kalla saat sebagai Wapres kedua yang mendampingi Presiden Jokowi mendapat sambutan hangat warga tetap akan dirasakan oleh JK.

Di balik itu, harapan Kalla kedatangannya ke Maluku, tentu tak hanya untuk membuka Rapat Kerja Nasional APPSI, tetapi lebih jauh dari itu, yaitu perdamaimaian permanen di Malaku.

Seperti disampaikan oleh wartawan nasional yang berada di Maluku, kedatangan Wapres Kalla, "sang juru damai" diharapkan dapat selalu mengingatkan seluruh komponen di Maluku untuk tetap menjaga perdamaian di antara benih-benih pertikaian yang bisa saja terjadi karena ulah segelintir warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com