Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tony Abbott" Terima Koin Hasil Penggalangan Mahasiswa di Aceh

Kompas.com - 23/02/2015, 16:18 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com — Sejumlah mahasiswa korban tsunami di Meulaboh, Aceh Barat, menggelar aksi penggalangan koin di Simpang Kisaran, Pusat Kota Meulaboh, Senin (23/2/2015).

Aksi ini digelar sebagai bentuk kekecewaan para mahasiswa korban tsunami atas pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang mengungkit bantuan Australia dalam bencana tsunami.

“Kami galang koin untuk mengembalikan bantuan Australia yang pernah disalurkan saat Aceh dilanda tsunami 2004 lalu,” kata Rahmad Ozer, koordinator aksi.

Menurut Rahmad, pernyataan Tony Abbott yang mengaitkan bantuan tsunami dengan kasus dua warga negara Australia yang terancam hukuman mati dalam kasus narkoba sangat melukai perasaan korban tsunami di Aceh.

“Kami berharap Perdana Menteri Australia mencabut kembali pernyataannya dan meminta maaf kepada korban tsunami Aceh,” kata dia.

Aksi penggalangan koin ini berlangsung sekitar dua jam, dan mendapat tanggapan yang baik dari para pengguna jalan. "Mereka tidak hanya menyumbang koin, uang kertas pun banyak yang sumbang," kata Rahmad.

Seusai aksi, mahasiswa menggelar aksi teatrikal yang menggambarkan penyerahan koin kepada Tony Abbott yang diperagakan mahasiswa. Aksi ini, menurut Rahmad, akan terus dilakukan hingga Perdana Menteri Australia itu mencabut penyataannya dan meminta maaf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com