Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Duo "Bali Nine", WN Spanyol Akan Dieksekusi di Nusakambangan

Kompas.com - 21/02/2015, 18:32 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Terpidana mati kasus narkoba asal Spanyol, Raheem Agbaje Salami, dipastikan akan menjalani hukuman mati di Lapas Nusakambangan seperti dua warga negara Australia, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan, yang sering disebut duo Bali Nine.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Awi Setiyono mengatakan, jadwal eksekusi Raheem juga telah dipastikan oleh Kejaksaan Tinggi Jatim yang sudah memperoleh kepastian dari Kejaksaan Agung.

Meskipun demikian, Awi belum mengetahui pasti kapan eksekusi mati itu dilaksanakan. Yang pasti, kata Awi, Polda Jatim siap kapan pun mengawal pemindahan Raheem dari Lapas Madiun ke Nusakambangan, Cilacap.

"Kami juga siapkan regu tembak dari satuan Brimob jika dibutuhkan untuk mengeksekusi Raheem," katanya dikonfirmasi, Sabtu (21/2/2015).

Raheem Agbaje Salami ditangkap di Bandara Internasional Juanda Surabaya pada tahun 1999. Pria asal Spanyol itu diketahui menyelundupkan heroin ke Indonesia. Di pengadilan, ia divonis mati. Presiden Joko Widodo menolak grasi yang diajukan Raheem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com