Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampai Akhir Februari Daerah Ini Siaga Banjir, Longsor, dan Puting Beliung

Kompas.com - 20/02/2015, 21:44 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SUKOHARJO, KOMPAS.com - Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, menetapkan status siaga bencana hingga akhir Februari 2015 mengingat cuaca yang sulit diprediksi. Siaga bencana tersebut termasuk bencana banjir, puting beliung dan longsor. Dua hari terakhir ini sejumlah wilayah di Sukoharjo terendam banjir. 

"Statusnya siaga bencana hingga akhir Februari. Kita berjaga jaga saja meskipun BMKG menyatakan puncak cuaca buruk tangga 22 Februari, kita panjangkan hingga akhir Februari. Cuacanya sangat fluktuatif dan sulit diprediksi, khususnya hujan yang mengakibatkan banjir," kata Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Sukoharjo, Suprapto, Jumat (20/2/2015). 

Menurut dia, Sukoharjo wilayah timur rawan akan puting beliung dan banjir, sementara wilayah selatan sering terjadi longsor.  "Segenap elemen dan warga di Sukoharjo diimbau untuk saling berkoordinasi dan waspada," ujar dia.

Sementara itu, BPBD Karanganyar, Jawa Tengah, menyiagakan satu perahu karet, satu unit ambulans dan sejumlah relawan yang bersiaga di Dukuh Daleman dan Jomboran yang menjadi langganan banjir. Relawan sudah mendirikan satu tenda darurat untuk evakuasi warga.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Karanganyar, Nugroho, dua wilayah tersebut menjadi fokus evakuasi karena lokasinya dekat dengan bibir sungai Bengawan Solo.

"Air bisa naik dengan cepat sehingga kita siagakan petugas dan logsitik," kata dia, Jumat (20/2/2015).

Seperti diberitaikan, sejumlah wilayah di Eks-Karisidenan Surakarta terendam banjir akibat meluapnya Sungai Bengawan Solo pada Jumat dini hari (20/2/2015). Wilayah Sukoharjo dan Kota Solo sempat terendam banjir selama beberapa jam dan memaksa warga mengungsi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com