Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pemancing Gunakan Racun, Lomba Peduli Sungai Pun Diadakan

Kompas.com - 20/02/2015, 02:02 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com — Ribuan orang dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (19/2/2015), berlomba-lomba memancing ikan lele di Sungai Tobluk yang berada di Desa Wonojati, Kecamatan Jenggawah. Total ada 2,5 kuintal ikan lele yang disebar di sungai tersebut untuk dipancing oleh para peserta.

Para peserta pun sangat antusias memancing ikan lele sebanyak itu, bahkan mereka harus berebut tempat untuk menaruh pancingnya. Menurut penggagas acara, Rachmat Fachkurniawan, acara tersebut sengaja digelar untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap aliran sungai, dan menjaga keseimbangan ekosistem sungai.

"Kalau kita lihat sekarang, cara yang digunakan warga untuk menangkap ikan sangat ekstrem, misalnya menggunakan racun agar ikan-ikan mati, kemudian ditangkap. Ini kan berbahaya bagi keseimbangan ekosistem yang ada di dalam sungai," terang dia.

Selain itu, lanjut Rachmat, acara tersebut juga diadakan agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan di sungai.

"Kalau sampah menumpuk, akhirnya sungai tercemar sehingga tidak akan ada lagi ikan yang hidup. Makanya kita di tengah-tengah acara juga menyampaikan agar masyarakat tidak membuang sampah," ungkap pria yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Jember ini.

Sementara itu, salah seorang peserta, Effendy, mengaku sangat senang dengan kegiatan tersebut. Selain bisa mendapatkan ikan lele gratis, ada juga doorprize yang disediakan oleh penyelenggara acara.

"Lumayan ini, saya dapat 10 ikan lele," katanya.

Hal senada disampaikan peserta lainnya, Bambang. Dia mengaku sudah menyiapkan umpan sebanyak 2 kilogram untuk mengikuti kegiatan itu.

"Memang lumayan banyak yang saya siapkan umpannya, siapa tahu dapat banyak," katanya dengan tertawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com