Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penderita Gangguan Jiwa di Bireuen Capai 9.362 Orang

Kompas.com - 16/02/2015, 15:54 WIB

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com - Angka penderita gangguan jiwa di Kabupaten Bireuen mencapai 9.000 orang lebih. Data itu berdasarkan pasien yang dirawat di RSU dr Fauziah, Bireun, hingga 2014.

Demikian diungkapkan Direktur RSU dr Fauziah Bireuen, dr Mukhtar Mars saat meresmikan Unit Perawatan Intensif Psikiatri (UPIP) RSU dr Fauziah Bireuen, Senin (16/2/2015).

”Hingga akhir 2014 kemarin kita sudah melayani hampir 9.362 kasus kejiwaan, baik kasus lama maupun baru,” terang Mukhtar.

Dia menyebutkan, pasien tidak hanya berasal dari Bireuen, tetapi juga dari beberapa kabupaten tetangga seperti Aceh Tengah, Pidie, Aceh Utara dan Aceh Timur.

Diakuinya kebutuhan layanan rumah sakit jiwa, khususnya, untuk Kabupaten Bireuen terbilang penting mengingat letak Bireuen di daerah persimpangan yang juga dapat menampung pasien jiwa dari berbagai kabupaten di Aceh.

"Sejak 9 Oktober 2012 kita beroperasi saat itu tempat maupun fasilitas terbatas karena kita mulai dengan membuka poli layanan jiwa saja,” jelas Mukhtar.

Awalnya, lanjut dia, hanya dua dokter spesialis yang dikontrak untuk diperbantukan di poli dimaksud. Hingga kurun satu tahun, poli kejiwaan sudah melayani 579 jiwa. Karena tinggi permintaan masyarakat akan pelayanan kejiwaan ini, maka pada awal 2013, RSUD plat merah itu kembali membuka pelayanan emergensi pasien jiwa.

”Hingga pada 2013 kita menangani 4.486 kasus, baik baru maupun berobat ulang,” tambahnya.

Menurut Mukhtar, Unit Perawatan Intensif Psikiatri (UPIP) mendesak dibangun karena tingginya permintaan pelayanan pengobatan gangguan jiwa. Setelah berdiskusi dengan bupati Bireuen, akhirnya berdiri lah kantor perawatan UPIP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com