Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Hantam Bus Wisata di Tol Pasteur, Pengemudi Tewas

Kompas.com - 16/02/2015, 14:14 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com
 — Kecelakaan maut terjadi di Tol Pasteur Kilometer 4+600 jalur A, tepatnya di Kampung Baros, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat, Senin (16/2/2015) sekitar pukul 08.00 WIB.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan, kecelakaan melibatkan sebuah kendaraan Toyota Avanza bernopol B 1535 UFU dengan sebuah bus pariwisata Senja Furnindo bernomor polisi K 1420 DC yang mengangkut siswa-siswi MTsN Jepara yang dalam perjalanan wisata menuju Museum Geologi dan Trans Studio Mall, Kota Bandung.

"Avanza yang saat itu baru masuk Tol Pasteur (arah Bandung menuju Jakarta) tiba-tiba berpindah jalur ke lajur A dan menabrak bagian depan sebuah bus pariwisata (arah Jakarta menuju Bandung)," kata Sulistyo, Senin.

Muhamad Zufri Ramsyi (23), pengemudi Avanza, tewas seketika di lokasi kejadian. Dia diketahui sebagai warga Kadipolo RT 03 RW 35, Desa Sendang Tirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

"Pengemudi Avanza langsung tewas di tempat," katanya.

Saat ini jenazah sudah dibawa ke RS Hasan Sadikin Bandung.

Sementara itu, Kepala Unit PJR Tol Padaleunyi Otong Rustandi saat dihubungi secara terpisah mengatakan, saat itu Avanza yang baru masuk ke Tol Pasteur di jalur menuju Jakarta "melompat" ke jalan berlawanan arah sehingga menabrak sebuah bus yang melaju di jalur Jakarta menuju Bandung.

"Mobil Avanza itu 'terbang'. Sebabnya kenapa Avanza itu terbang, enggak tahu dia (sopir) ngantuk, apakah sopir sedang main handphone, belum kita ketahui," kata Otong saat dihubungi terpisah, Senin.

Otong memastikan, Avanza melaju dengan kecepatan sangat tinggi sehingga bisa "loncat" ke berlawanan arah.

"Kan mobil Avanza itu masuk dari gerbang Pasteur, kalau mobil busnya mau keluar Pasteur. Enggak tahu kenapa bisa 'loncat' dan 'terbang', yang pasti Avanza itu kecepatan tinggi dan ketika dicek di TKP pun enggak ada bekas rem," katanya.

Otong menjelaskan, Avanza itu menghantam bagian depan sebelah kanan bus. Saat itu, kata dia, Avanza langsung 'berputar-putar', sedangkan bus yang ditabraknya langsung berhenti.

"Pengemudi Avanza langsung tewas seketika. Mobilnya pun hancur, rata, sudah penyok banget, enggak bisa dibetulin," katanya.

Beruntung tidak ada korban dari penumpang bus itu.

"Hanya sopir busnya beberapa penumpang yang mengalami luka ringan, kena pecahan kaca. Sopir dan korban lainnya sudah ditangani dengan dibawa ke rumah sakit terdekat," katanya.

Saat kejadian, arus sempat tersendat, tetapi tak lama kemudian berlangsung normal kembali. Penumpang bus berjumlah 55 orang. Mereka langsung melanjutkan perjalanan, tetapi dengan menggunakan bus lainnya.

"Ya, para siswa langsung melanjutkan perjalanan studi tur dan wisata (ke Bandung) soalnya tidak ada yang terluka parah. Tapi, tidak pakai bus sebelumnya, soalnya kalau pakai bus sebelumnya kan berbahaya, kan kaca depannya pecah. Jadi, semua penumpang bus yang terhantam itu pindah ke bus yang lain karena ketika itu rombongan siswa dari Jepara tidak hanya satu bus," ungkapnya.

Saat ini, baik bus maupun Avanza sudah dapat dipindahkan.

"Bus dibawa pul derek Padalarang, sementara Avanza dibawa oleh Unit Laka Lantas Polres Cimahi," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com