Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Imlek, Wihara Ramai, Toko Pernak-pernik Masih Sepi

Kompas.com - 13/02/2015, 13:12 WIB
Kontributor Nias, Hendrik Yanto Halawa

Penulis


KOTA GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com
 — Jelang Imlek, transaksi peralatan sembahyang dan keperluan lainnya di Kota Gunungsitoli masih sepi, padahal perayaan tahun baru China atau Imlek akan segera tiba, 19 Februari mendatang.

Hal ini disampaikan Tju Siu Cen, pemilik Toko Remaja yang terletak di Jalan Gomo, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Dia mengaku hanya beberapa warga keturunan Tionghoa yang datang membeli hari ini, Jumat (13/2/2015).

Di tokonya, Tju Siu Cen menyediakan berbagai keperluan sembahyang. Dia mengaku tidak ada yang menjual keperluan jelang Imlek selain di tempatnya. Warga Tionghoa di Kota Gunungsitoli, lanjutnya, selalu datang ke tempatnya atau memesan langsung dari Medan.

“Menjelang Imlek tahun ini, pernak-pernik maupun keperluan untuk sembahyang untuk perayaan Imlek telah disediakan sebab tidak ada toko khusus yang menjual keperluan umat Buddha, namun masih sepi pembeli," katanya.

Tju Siu Cen juga mengaku banyak pernak-pernik yang dijualnya didatangkan dari Medan. Dari sekian banyak barang yang dijualnya, hanya lampion dan bambu rezeki paling digemari. Menurut dia, para pelanggannya membeli lampion untuk memperindah suasana rumah, sedangkan bambu rezeki diyakini warga Tionghoa bisa mendatangkan rezeki.

Sementara itu, menurut dia, stok kertas angpau, kertas perak, dan baju sembahyang masih tersedia dalam jumlah banyak.

“Jelang seminggu ini masih belum terasa ramai yang datang, biasanya itu tinggal beberapa hari lagi barulah para pembeli berdatangan,” ujarnya.

Hingga kini, persiapan menjelang Imlek sudah terlihat di tempat peribadatan. Warga rutin bersembahyang di Vihara Vimala Dharma. Sebelum melakukan ritual tersebut, patung-patung dewa yang ada di tempat-tempat peribadatan atau persembahyangan disucikan.

Tapak Wong, salah seorang pengurus Vihara Vimala Dharma di Jalan Sirao, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, mengatakan, jelang Imlek, pihaknya akan menggelar kegiatan bersih-bersih wihara dan kegiatan ibadah lainnya serta mengganti beberapa peralatan yang rusak.

“Persiapan untuk menghadapi Imlek khusus untuk Vihara Vimala Dharma dititikberatkan pada ibadah menyambut turunnya dewa-dewa. Ibadah ini nantinya akan banyak diikuti umat,” ujar Tapak Wong di Vihara Vimala Dharma, Jumat pagi.

Selain itu, untuk menghadapi Imlek, pihak wihara juga akan menggelar beberapa kegiatan sosial, seperti memberikan bantuan berupa sembako kepada fakir miskin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com