Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Trans Kalimantan Terendam Banjir Sepanjang 3 Km

Kompas.com - 11/02/2015, 18:51 WIB
Kontributor Kompas TV, Ananda Eka Putra

Penulis

PALANGKA RAYA, KOMPAS.com - Jalan Trans Kalimantan poros tengah yang menghubungkan Palangkaraya dengan enam kabupaten di bagian utara Provinsi Kalimantan Tengah terendam banjir sejauh tiga kilometer, Rabu (11/2/2015).

Luapan sungai Rungan di sekitar Desa Bukit Rawi perbatasan Palangkaraya dan Kabupaten Pulang Pisau merendam jalan trans Kalimantan poros tengah. Jalan nasional penghubung Kota Palangkaraya dan enam kabupaten itu mulai tergenang banjir sejak Rabu pagi. Ketinggian banjir bervariasi antara enam puluh sentimeter hingga lebih dari satu meter dan merendam tiga kilometer jalan nasional. Akibat banjir, pengendara yang hendak melintas terpaksa mengantre lebih dari 30 menit karena hanya satu ruas jalan yang digunakan untuk menghindari kecelakaan.

“Jelas terganggu, bisanya saya hanya tiga jam, sekarang bisa empat jam lebih. Ngantre di situ tadi harus gentian," kata Manggara, salah seorang pengguna jalan.

Ruas jalan trans Kalimantan di perbatasan Palangkaraya dan Kabupaten Pulang Pisau itu rutin dilanda banjir setiap tahun. Pada tahun 2014 lalu, pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah mengucurkan dana miliaran rupiah untuk menimbun empat kilometer jalan yang terendam banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com