Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Seorang Siswi SD Dilecehkan Beredar di Media Sosial

Kompas.com - 10/02/2015, 22:27 WIB
Farid Assifa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Video kekerasan terhadap siswi SD oleh teman-temannya kembali beredar di media sosial. Sebuah grup di Facebook, "Meme Indonesia", mem-posting sebuah video berisi siswi SD di-bully oleh teman-teman lelakinya.

Dalam video berdurasi 1 menit 46 detik itu, tampak seorang siswi mendapat perlakuan kasar dari beberapa temannya. Bahkan, dalam video itu, terdapat adegan yang mengarah pada pelecehan seksual. Korban dipegang tubuh dan tangannya oleh beberapa siswa laki-laki, lalu rambutnya dijambak. Korban sempat terjatuh beberapa kali.

Korban berusaha melawan sambil menangis. Namun, karena pelakunya lebih dari satu orang, korban tampak tak berdaya.

Dalam video itu, juga tampak teman perempuan korban yang hanya bisa melihat aksi tak terpuji siswa SD tersebut. Rupanya, teman perempuan korban tak bisa berbuat apa-apa untuk menolong korban karena kemungkinan takut juga.

Belum diketahui pasti video itu berlatar belakang SD mana. Namun, dalam kiriman di grup Facebook "Meme Indonesia" itu disebutkan bahwa waktu mendapat salinan video itu bertanda pagar #Kelayan #Banjarmasin.

Posting-an video tersebut telah dibagi sebanyak 1.585 kali dan dikomentari 762 akun Facebook. Beberapa komentar meminta agar kasus kekerasan itu diusut.

"Yg posting pertama, ini dimana? Segera lapor polisi setempat," kata pemilik akun Facebook Setiawan Agung Wibowo.

"Kirim videonya ke perlindungan anak mungkin nanti lebih berguna di banding di share di fb saja," timpal pemilik akun Duan.

Selain di Facebook, video tersebut juga beredar di media sosial YouTube. Video tersebut telah dilihat sebanyak 301 kali. Berikut linknya.

Hingga kini, Kompas.com sedang menelusuri tempat kejadian dalam video kekerasan siswa SD tersebut.

Mirip di Bukittinggi

Video serupa juga pernah terjadi di Bukittinggi, Sumatera Barat. Video aksi kekerasan yang dilakukan sejumlah siswa anak sekolah dasar ini menghebohkan dunia maya. Aksi kekerasan tersebut terjadi di SDS Trisula Perwari, Bukittinggi. [Baca juga: Video Seorang Siswi SD Dipukuli Beredar di Media Sosial]

Belakangan diketahui, video tersebut diunggah oleh Ketua DPW PKB Sumbar Febby Datuak Bangso. Febby pun diperiksa kepolisian terkait hal itu. [Baca juga: Unggah Video Kekerasan Siswa SD, Ketua PKB Sumbar Diperiksa Polisi]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com