Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Jika Jakarta Perlu Bantuan untuk Banjir, Pasukan Kami Siap Berangkat"

Kompas.com - 10/02/2015, 17:15 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Selain menyiagakan pasukan untuk turun ke lokasi banjir di daerah sendiri, Polda Jatim juga mengaku siap mengirimkan pasukan jika diminta Polda Metro Jaya membantu mengatasi banjir di Jakarta. Personel pasukan yang dimaksud adalah tim "Rescue" dari unsur satuan Brimob, Sabhara dan Polair.

"Pasukan bantuan siap diberangkatkan ke Jakarta jika diperlukan," kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Anas Yusuf, upacara siaga banjir di Mapolda Jatim, Selasa (10/2/2015).

Pasukan yang disiapkan, lanjut Yusuf, adalah personel yang memiliki kemampuan "search and rescue" yang sudah terlatih untuk bergerak dengan taktis.

"Mereka memiliki kemampuan yang juga di tunjang peralatan yang modern dan tradisional dalam menghadapi bencana," tambahnya.

Seperti diberitakan, banjir menyebar di seluruh wilayah DKI Jakarta. Hingga Senin malam, lebih dari 3.700 orang mengungsi. Banjir juga membawa korban jiwa. Di Johar Baru, Jakarta Pusat, dua orang hanyut terbawa arus Kali Sentiong sekitar pukul 13.30. Satu orang dapat diselamatkan oleh warga, tetapi satu orang lagi bernama Muchtar (35) hilang terbawa arus.

Selain di Jakarta, banjir juga terjadi di Tangerang dan Bekasi. Di Babelan, Kabupaten Bekasi, seorang warga bernama Haryani (31) tewas tersengat listrik di dapur rumahnya yang terendam, Banjir juga mengganggu mobilitas warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com