Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut MEA 2015, Pemprov Bali Gelar Pelatihan “Three in One”

Kompas.com - 10/02/2015, 09:27 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bali sudah melakukan upaya untuk menjadikan karyawan di Bali bersertifikasi, untuk menyambut Masyarakat Ekonomo ASEAN (MEA) 2015. Salah satunya, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Bali sedang menggalakkan pelatihan dengan pola "three in one".

“Di dinas (Disnaker) sendiri sedang menggalakkan dari segi pelatihan, kita ada namanya pelatihan 'three in one', yaitu dilatih, disertifikasi, dan ditempatkan kerja sesuai bidang masing-masing,” kata Kepala Dinas tenaga kerja Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Agung Sudarsana, Denpasar, Bali, Selasa (10/2/2015).

Sasaran pelatihan dengan pola ini lebih dikhususkan bagi mereka yangg belum bekerja. Selain itu juga ada program memberikan sertifikasi bagi mereka yang sudah bekerja. Pelatihan, memberikan sertifikasi dan penempatan kerja lebih diarahkan pada sektor pariwisata.

“Pelatihan ini lebih dikhususkan bagi yang beum bekerja, dan ini responnya cukup tinggi. Tapi juga tidak menutup peluang bagi mereka yang sudah bekerja diberikan sertifikasi. Dan prioritas-prioritas tertentu lebih banyak di sektor pariwisata,” tambah dia.

Pada 2013 lalu, Pemprov Bali telah memberikan pelatihan 'three in one' bagi 860 warga yang berminat. Pada 2014 nihil karena program pelatihan ditangani Balai Latihan Kerja dari Kemenakertrans. Tahun 2015 ini ditargetkan ada 900 orang yang tergabung dalam pelatihan ini.

Sudarsana juga berharap, perusahaan membantu perolehan sertifikasi gratis bagi karyawannya. “Harapan kepada perusahaan mengeluarkan biaya untuk menyertifikasi karyawannya. Toh juga memanfaatkan tenaga karyawan untuk dipekerjakan,” tambah dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com