Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluar Gas Beracun, Pendakian Malam di Ijen Ditutup

Kompas.com - 05/02/2015, 15:20 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pendakian ke puncak Gunung Ijen Kabupaten Banyuwangi di tutup sementara karena ada peningkatan aktivitas gas beracun sejak seminggu terakhir ini. Hal tersebut diungkapkan Eka Muharam, anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banyuwangi saat di hubungi Kompas.com, Kamis (5/1/205).

Menurut Eka, jumlah gas beracun meningkat karena curah hujan di wilayah Gunung Ijen tergolong tinggi. "Gas solfatara tersebut keluar dari kawah terutama malam hari sehingga kegiatan pendakian untuk malam hari ditutup total. Sedangkan untuk pendakian pagi sampai siang diberlakukan dengan sistem buka tutup," kata dia.

BPBD juga telah memasang papan peringatan di wilayah Paltuding, pos peristirahatan terakhir sebelum naik ke puncak, untuk menyosialisasikan penutupan tersebut.

Menurut dia, pada malam hari udara cenderung padat sehingga gas beracun tersebut tidak terurai dan jika terhirup berbahaya bagi para pendaki.

Walaupun pendakian malam hari ditutup, Eka mengaku status Gunung Ijen yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso tersebut masih berada di level normal.

"Tidak ada peningkatan status hanya gas beracun saja yang muncul. Kami juga mengimbau agar pendaki dan penambang belerang tidak mendekati kawah gunung," kata dia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com