Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Keracunan Saus di Tasik Bertambah Jadi 117 Orang

Kompas.com - 05/02/2015, 13:08 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya mencatat terus bertambahnya korban keracunan makanan bersaus di Kelurahan Cigantang, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya. Sampai siang ini, korban keracunan menjadi 117 orang dari sebelumnya sebanyak 64 orang.

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Kesehatan Lingkungan Kota Tasikmalaya, Didin Fitriyadi menyatakan, jumlah ini merupakan hasil pendataan terbaru korban yang sudah pulih, masih dirawat dan yang telah dirujuk ke RSUD Dr Soekardjo Kota Tasikmalaya.

"Ada penambahan setelah hasil pendataan terbaru kami di lapangan, seluruhnya tercatat ada 117 orang," kata Didin.

Dari jumlah itu, tambah Didin, sebanyak 22 korban masih dirawat di Puskesmas Mangkubumi dan Aula Kelurahan setempat. Sedangkan yang kritis dan masih dirawat di RSUD bertambah satu orang, menjadi enam orang. Sisanya sudah diperbolehkan pulang dan kondisinya sudah membaik. "Semua korban berstatus pelajar sekolah dasar di wilayah Kelurahan Cigantang," tambah Didin.

Didin mengaku masih mengalami kesulitan mencari penyebab pasti keracunan. Sebab dia belum bisa menemukan barang bukti sampel makanan bersaus yang dikonsumsi para korban. "Sampai sekarang kita masih sulit mencari sampel makanan yang dikonsumsi oleh para siswa ini," kata dia.

Sebelumnya, puluhan siswa sekolah dasar di Kelurahan Cigantang, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, keracunan massal makanan jajanan bersaus dari pedagang yang berjualan di sekolah setempat.

Sampai sekarang kasus ini tengah diselidiki pihak kepolisian setempat, namun hingga kini masih belum ada keterangan resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com