Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Masuk Jurang di Solok, Satu Mahasiswi Tewas

Kompas.com - 02/02/2015, 03:23 WIB

SOLOK, KOMPAS.com - Bus PO Sari Jaya BM 7718 TU jurusan Pekan Baru-Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat (Sumbar), masuk jurang di ruas jalan Pintu Angin Nagari Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, Minggu (1/2/2015). Kecelakaan ini menyebabkan seorang penumpang tewas dan empat lainya luka-luka.

Korban tewas bernama Khairunisa (20), seorang mahasiswi berasal dari Nagari Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok, namun menetap di Pekonina Kabupaten Solok Selatan.

Sedangkan empat korban luka berat bernama Eli (34), Rizki Zikri ( 19), Yusliana (61) dan Nurhayati (20). Keempatnya masih dirawat di Instalasi UGD RSUD Arosuka, yang berlokasi di depan komplek perkantoran Bupati Solok. Ada pun penumpang lainnya menderita luka ringan.

Informasi dari warga sekitar lokasi kejadian menyebutkan, bus berwarna hijau itu meluncur dari arah Solok tujuan Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan.

Namun, setibanya di ruas jalan Pintu Angin sebelum Simpang Tiga Lubuk Selasih Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, bus lalu tergelincir dan terguling masuk jurang sedalam 40 meter.

Petugas Unit Laka Satlantas Polres Solok yang mengetahui peristiwa itu, langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP), guna memberi pertolongan kepada para korban. Warga Jorong Lubuk Selasih Nagari Batang Barus, yang datang ke lokasi kejadian juga ikut memberi bantuan kepada para korban.

Dari 12 penumpang bus itu, diketahui terdiri dari sembilan orang dewasa dan tiga anak balita.

"Korban meninggal dunia dan luka-luka dievakuasi petugas dibantu warga dari dalam bus, lalu dengan menggunakan mobil ambulance dibawa ke RSUD Arosuka untuk tindakan medis," kata Kapolres Solok AKBP Tommy Bambang Irawan didampingi Kasat Lantas AKP Afrino dan Kanit Laka Ipda Amiswal.

Sejauh ini kata AKBP Tommy Bambang Irawan, petugas masih melakukan penyelidikan lebih lanjut, terkait kasus laka lantas, yang merenggut satu korban meninggal dunia dan lainya luka luka itu.

Ia menyenbutkan, bus PO Sari Jaya yang mengalami ringsek berat itu, sudah berhasil dievakuasi dan diamankan di mapolres Solok.

Terpisah, informasi dari warga sekitar menyebutkan, pasca peristiwa laka lantas tersebut, sopir bus PO Sari Jaya yang sudah diketahui identias jati dirinya itu, sampai saat ini belum diketahui entah dimana keberadaanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com