Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkat Sektor Wirausaha, 1000 Bakiak Disebar untuk Masjid di Jawa Timur

Kompas.com - 01/02/2015, 17:32 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com
- Ribuan pasang bakiak, Minggu (1/2/2015) tertata rapi di depan Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya. Bukan milik jamaah jamaah masjid, tapi bakiak itu merupakan sumbangan dari Komunitas Wirausaha Muslim sebagai upaya menggairahkan pasar produk Usaha Kecil Menengah (UKM).

Distribusi bakiak ke masjid-masjid sekaligus upaya membangkitkan kembali usaha produksi bakiak yang sudah lama tutup akibat kalah bersaing dengan produk alas kaki dari luar negeri yang lebih murah dan berkualitas.

"Sentra produksi bakiak di Singosari Malang sudah lama tutup, dan pelakunya kini beralih ke profesi lain," kata Ketua Komunitas Wirausaha Muslim Surabaya, Faris Aziz.

Faris ingin menghidupkan kembali sentra tersebut dengan memesan ribuan bakiak untuk disebar ke masjid-masjid di sejumlah daerah di Jatim. Kata Faris, uang untuk memesan bakiak tersebut dari para donatur, melalui gerakan sosial yang digagasnya melalui media sosial.

"Hanya selang waktu dua hari, target 1.000 bakiak sudah kami dapatkan bahkan mencapai 1.700 pasang bakiak," terangnya.

Selain mengumpulkan donasi, pihaknya mendistribusikan ribuan pasang bakiak itu ke masjid-masjid baik di perkotaan, maupun di daerah. Selain Surabaya, bakiak juga disebar di Sidoarjo dan Gresik, bahkan ada masjid dari Palembang yang memesan 300 pasang bakiak.

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan meluncurkan program 1000 hijab untuk Muallaf. Itu juga dalam rangka menguatkan pengusaha muslim yang bergerak di bidang garmen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com