Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amukan Puting Beliung Hancurkan Tujuh Rumah Warga di Kolaka

Kompas.com - 31/01/2015, 07:24 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA,KOMPAS.com — Ratusan warga yang bermukim di Kelurahan Tahoa, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, seketika merasa panik. Pasalnya, di daerah mereka, terjadi angin puting beliung yang menghantam tujuh rumah warga. Terlebih lagi, hal ini terjadi saat warga sedang tertidur lelap dini hari tadi.

Lurah setempat yang bernama Asmadi Samad mengatakan, dari tujuh rumah itu, tiga di antaranya rusak berat, bahkan rata dengan tanah. Tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

"Kejadian ini sempat mengagetkan warga yang sudah terlelap. Memang dari tujuh rumah warga yang terkena angin putung beliung, tiga unit rumah mengalami rusak parah, sementara empat unit lainnya mengalami rusak ringan," katanya, Sabtu (31/1/2015).

Untuk sementara, kata dia, kelurahan hanya mendata kerusakan rumah warga yang tertimpa bencana angin puting beliung. Kelurahan juga akan segera melaporkan kejadian itu kepada pihak Pemerintah Kabupaten.

"Langkah pertama pasti kerusakan rumah warga akibat bencana ini akan kita sampaikan kepada Pemda Kolaka, khususnya BPBD Kolaka. Jadi, info awalnya tidak ada korban jiwa," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kapolsek Kolaka AKP Umar mengatakan, untuk menghindari hal yang lebih buruk lagi, pihak Polsek Kolaka telah meminta bantuan kepada PLN untuk mematikan aliran listrik di daerah yang terkena angin puting beliung tersebut.

"Kami sudah berkordinasi kepada pihak PLN untuk melakukan pemutusan sementara aliran listrik, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Hingga saat ini, pihak kelurahan bersama kepolisian setempat masih melakukan penyisiran umtuk mengetahui jumlah rumah yang terkena bencana angin puting beliung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com