Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayjen Wiyarto Jabat Pangdam Pattimura

Kompas.com - 29/01/2015, 18:27 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Acara lepas sambut yang digelar Kodam XVI Pattimura menandai berakhirnya masa tugas Mayjen Meris Wiryadi sebagai Pangdam XVI Pattimura, Kamis (30/1/2015). Setelah menjabat selama delapan bulan lebih sebagai Pangdam Pattimura, Meris selanjutnya dipercayakan menjabat sebagai komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad).

Sebagai gantinya, Mayjen TNI Wiyarto akan menjabat sebagai Pangdam XVI Pattimura yang baru. Sebelumnya, Wiyarto memegang posisi Asisten Teritorial Angkatan Darat (Asterad) di Mabes TNI AD. Serah terima jabatan (Sertijab) Pangdam Pattimura dari Mayjen Meris Wiryadi ke Mayjen Wiyarto sebelumnya telah berlangsung di Jakarta pada 26 januari lalu. Kini, kedua pejabat di TNI itu mengadakan pisah sambut.

Hadir dalam acara pisah sambut tersebut yakni Gubernur Maluku Said Assagaf dan wakilnya, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy, tokoh agama, tokoh masyarakat dan sejumlah pejabat lainnya. Dalam sambutan perpisahannya, Meris mengucapkan rasa terima kasih kepada Gubernur Maluku Said Assagaf yang selama ini membangun kerja sama dengan Kodam.

Ucapan serupa disampaikan kepada Kapolda Maluku Brigjen Murad Ismail yang dianggapnya sebagai teman seangkatan. Menurut Meris, selama bertugas di Maluku, TNI dan Polri sangat solid dan membangun kerja sama yang baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Maluku.

“Terimah kasih kepada Pak Gubernur Maluku atas segala kerja samanya selama ini. Untuk teman seangkatan saya yang luar biasa, Kapolda Maluku, saya juga ucapkan terima kasih karena selama ini telah membantu saya dan Kodam dalam menciptakan Kamtibmas di wilayah ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Meris juga menyampaikan rasa bangga kepada parajurit Kodam XVI Pattimura dalam telah menjalankan tugas dan tanggung jawab selama ini dengan tetap tabah dan sabar dalam menhadapi berbagai tantangan.

“Kebanggaan saya juga kepada prajurit dalam menjalankan tugas, dalam kondisi apapun kalian tetap tabah. Titip salam kepada prajurit yang tidak sempat hadir, kalian luar biasa,” ucapnya.

Sementara itu, Mayjen Wiyarto mengaku akan melakukan konsolidasi internal dan melanjutkan program kerja yang telah ada sebelumnya.

"Pertama yang saya lakukan adalah konsolidasi secara internal dalam TNI dulu,” katanya singkat.

Selain itu, dia juga berjanji akan melakukan sinergitas dengan pemerintah daerah setempat. Tak lupa, dia juga mengaku akan memperhatikan wilayah teritorial sebagai salah satu tugas utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com