Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel Dibangun di Samping Bekas Sekolah Sultan HB X, Tembok Sekolah Nyaris Ambruk

Kompas.com - 28/01/2015, 14:31 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pengerukan tanah untuk pembangunan hotel di Jalan Pajeksan Kota Yogyakarta mengakibatkan tembok pagar SMP Negeri 3 Yogyakarta nyaris ambruk. Sekolah ini adalah bekas sekolah Sri Sultan Hamengku Buwono X.

"Ya kondisinya retak. Di samping pintu masuk sekolah," ujar Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Yogyakarta, Sofwan, Rabu (28/1/2015).

Sofwan mengungkapkan, bangunan SMP Negeri 3 sudah berdiri sejak tahun 1947. Saat ini, sekolah itu disebutkan sudah memiliki status dan surat resmi sebagai bangunan cagar budaya.

"Ini bangunan cagar budaya, suratnya sudah ada," tandasnya.

Menurut dia, sebelum pembangunan dimulai, pihak sekolah tidak pernah mendapatkan pemberitahuan ataupun sosialisasi dari pihak hotel. Kepala sekolah hanya sempat mendapat informasi dari warga yang mengatakan akan ada pembangunan hotel tepat di samping sekolahan.

Kepala sekolah waktu itu, lanjutnya, sudah menyatakan tidak setuju jika ada hotel dibangun disamping sekolah SMP N 3 Yogyakarta.

"Pak RW pernah menemui saya, memberitahu soal pembangunan. Namun dari pihak hotel belum pernah meminta izin," ucapnya.

Melihat tembok pagar nyaris ambruk akibat pengerukan menggunakan alat berat, pihak sekolah langsung melayangkan surat ke pemerintah kota Yogyakarta. Mereka khawatir tembok setinggi 2 meter yang retak dan fondasinya telah longsor membahayakan keselamatan siswa.

"19 Januari 2015 kita melayangkan surat kepada walikota Yogyakarta. Sebab, kondisinya sangat membahayakan jika ambruk, kita tidak ingin nanti ada anak-anak terluka," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com