Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sedang Keranjingan, Ridwan Kamil Bikin Festival Batu Akik

Kompas.com - 27/01/2015, 11:17 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia kini tengah dilanda demam batu mulia. Tak ayal, di setiap pojok kota sudah tidak asing lagi jika melihat perajin dan penghalus batu mulia.

Demi memfasilitasi warganya yang tengah keranjingan batu mulia, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berencana membuat sebuah event khusus. Emil--sapaan akrab Ridwan Kamil--akan membuat event serupa seperti culinary night.

Bedanya, pasar malam ini hanya diisi oleh kerajinan-kerajinan tangan, termasuk cincin batu mulia. "Saya sudah instruksikan untuk bikin kayak culinary night, tapi ini mah barang," kata Emil, di Bandung, Selasa (27/1/2015).

Emil menjelaskan, konsep event tersebut akan diadakan satu kali dalam dua minggu. Pembukaan perdana pasar malam tersebut dipastikan bakal diisi oleh perajin batu mulia. "Intinya kayak culinary night, tapi jualannya bukan makanan. Nah, opening event ini batu akik, mungkin seperti bazar batu akik. Kemungkinan Februari jalan," tutur dia.

Emil berharap event khusus batu mulia ini bisa dimanfaatkan oleh warga Kota Bandung untuk meningkatkan perekonomian. "Saya senang dengan adanya barang lokal yang menjadi booming. Artinya, ada perputaran ekonomi. Tapi jangan sampai ekonomi keluarga habis ke batu akik," ujar dia.

Namun, karena belum mengetahui "ilmunya", Emil mengaku belum memiliki satu pun cincin batu mulia. Namun, dia sangat tertarik untuk belajar tentang batu mulia sedikit demi sedikit. "Saya belum belajar, belum tahu itu asli atau namanya apa. Tapi intinya saya senang ada barang lokal menjadi tren," tandas Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com