Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Fathorrasjid Laporkan Wakil Ketua KPK Zulkarnaen ke Polisi

Kompas.com - 26/01/2015, 22:56 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Koordinator LSM Jatim Aa'm Fathorrasjid membantah bahwa rencana dirinya melaporkan Wakil Ketua KPK Zulkarnaen pada Rabu (28/1/2015) ke Mabes Polri memanfaatkan momentum polemik dua penegak hukum Polri-KPK.

Dia menyatakan, dilaporkannya mantan Kepala Kejati Jatim itu justru sebagai bentuk kepedulian masyarakat pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ini justru kami mencintai KPK, jangan sampai KPK menjadi tempat berlindung bagi para oknum koruptor," kata Fathorrasjid, Senin (26/1/2015) malam di Surabaya.

Mantan Ketua DPRD Jatim ini mengaku tidak ada niat untuk semakin melemahkan KPK atas kasus yang dilaporkannya nanti.

"Ini adalah bentuk kecintaan masyarakat Jatim kepada KPK, tidak ada kaitannya dengan tertangkapnya Wakil Ketua KPK sebelumnya, Bambang Widjojanto," tegasnya.

Wakil Ketua KPK Zulkarnaen akan dilaporkan ke polisi atas dugaan suap kasus Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) saat Zulkarnaen menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim pada 2010 lalu. Dia diduga menerima suap berupa uang dollar AS senilai Rp 5 miliar dan sebuah mobil sedan Camry dari petinggi Jawa Timur untuk menghentikan kasus penyelewengan anggaran program pengentasan kemiskinan masyarakat Jatim. [Baca juga: Giliran Wakil Ketua KPK Zulkarnaen Akan Dilaporkan ke Polisi]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com