Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Bakal Datang ke Bandung, Ridwan Kamil Grogi

Kompas.com - 26/01/2015, 13:55 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com 
— Kota Bandung akan memperingati Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 pada 24 April mendatang. Peringatan tersebut rencananya akan dihadiri oleh para pemimpin negara-negara Asia Afrika yang tergabung dalam konferensi. Menurut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, salah satu kepala negara yang dijadwalkan hadir ke perhelatan itu adalah pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

Pria yang akrab disapa Emil ini pun mengaku grogi bakal kedatangan pemimpin negara yang kontroversial itu.

"(Para pemimpin negara) akan hadir, termasuk Kim Jong Un. Itu yang bikin nervous karena tokoh ini yang jadi perbincangan dunia," kata Emil saat ditemui di Taman Tegalega, Kota Bandung, Senin (26/1/2015).

Rasa bangga dan waswas dirasakan Emil sebagai kepala daerah yang bakal dikunjungi oleh orang nomor satu di negara komunis tersebut. Menurut dia, Kota Bandung bakal menjadi sejarah karena ini merupakan kali pertama kunjungan Kim Jong Un dalam urusan diplomasi kenegaraan sejak menjadi pemimpin.

"Dia belum pernah ke luar negeri secara diplomasi. Sekalinya ke luar negeri ya, ke Indonesia, dan ke Bandung, jadi pasti perhatian dunia akan datang ke sini. Saya sudah sampaikan masalah keamanan lainnya, harus Siaga I," ungkapnya.

Terkait kedatangan para kepala negara dalam peringatan KAA ke-60, Emil mengaku telah mendapatkan mandat dari pemerintah pusat untuk mengurusi segala sesuatunya.

"Saya sudah rapat dengan Presiden dan kabinet. Acara peringatan KAA ini terdiri dari dua acara besar, di Jakarta dan Bandung. Puncak acaranya di Bandung," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com