Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiba di Ambon, Anies Baswedan Kunjungi Masjid dan Gereja

Kompas.com - 25/01/2015, 18:45 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis


AMBON, KOMPAS.com - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, Anies Baswedan, melakukan serangkaian kunjungan ke sejumlah rumah ibadah di Kota Ambon, Minggu (26/1/2015). Setibanya di Bandara Internasional Pattimura, Anies bersama rombongan didampingi Gubernur Maluku Said Assagaf, langsung mengunjungi Masjid Agung Annur Batu Merah yang berada di jalan Sultan Hasanudin.

Di Masjid tersebut, Anies lalu bersilaturahmi dengan penghulu masjid, tokoh agama, tokoh masyarakat dan warga setempat. Setelah bercengkrama dan melihat-lihat kondisi masjid, Anies lalu menuju Gereja Protestan Sinar Kasih yang berada di kawasan Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Di gereja ini, Anies disambut meriah oleh ratusan jemaat gerja. Anies pun sempat menyampaikan kepada para jemaat agar dapat menjaga hubungan persaudaraan dan suasana kedamaian yang telah ada. Dalam kesempatan itu, Anies juga mengajak para jemaat agar tetap menjaga kebinekaan dan keanekaragaman sebagai sebuah bangsa yang mejemuk.

“Menjadi Indonesia tidak akan kehilangan ke-Ambonannya, tidak akan kehilangan kebugisannya dan tidak akan kehilangan kesundaannya. Di Indonesia, yang namanya bangsa, tidak dimulai denganikatan darah, tapi dimulai dengan ide dan gagasan untuk membentuk sebuah bangsa,” ungkap Anies.

Usai bertemu para jemaat di gereja tersebut, Anies dan rombongan lalu melanjutkan kunjungannya ke Gereja Santa Maria Bintang Laut di kawasan Benteng. Di gerjea ini, Anies di sambut pastor dan ratusan jemaat. Anies juga sempat mengajak para jemaat untuk menjaga kedamaian di Maluku.

Usai melakukan kunjungan di tiga rumah ibadah tersebut, Anies lalu melakukan kunjungannya ke Museum Siwalima yang berlokasi di kawasan Air Salobar. Rencananya, Senin besok, Anies akan bertemu dengan para guru yang ada di Kota Ambon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com