Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksekusi Mati Dua Anggota “Bali Nine” Tak Berpengaruh di Bali

Kompas.com - 22/01/2015, 11:49 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Bali mengaku rencana eksekusi mati terhadap dua terpidana mati anggota “Bali Nine”, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan tidak mempengaruhi hubungan antara Australia dan Bali yang selama ini terjaga dengan baik.

“Tidak, tidak berpengaruh. Biasa saja, tidak berpengaruh kok,” kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika, di sela-sela acara Evaluasi Pembangunan Triwulan 4 tahun 2014 di Denpasar, Kamis (22/1/2015).

Pada kesempatan yang sama, hal senada diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Bali, Anak Agung Yuniarta, hubungan Bali dengan Pemerintah Australia masih tetap baik. Berbagai kerjasama tetap dilakukan yang selama ini menguntungkan kedua belah pihak. Begitupun terhadap pariwisata, hingga saat ini belum terlihat berpengaruh.

“Mudah-mudahan tidak ada ya. Hubungan Bali dengan Australia cukup baik. Bali yang menjadi second home (rumah kedua) bagi warga Australia, kita berharap tidak ada hal-hal yang berpengaruh besar bagi pariwisata Bali. Sepertinya tidak ada pengaruh, tetap baik-baik saja,” kata Yuniarta.

Seperti pemberitaan sebelumnya, Myuran Sukumaran dan Andrew Chan yang masuk kelompok “Bali Nine” bersama tujuh rekan lainnya yang diputus hukuman beragam terbukti berupaya menyelundupkan 8,2 heroin ke Bali yang dibawanya dari Australia. 

Myuran yang sudah mengajukan grasi tapi ditolak oleh presiden tinggal menunggu eksekusi mati. Sementara Andrew Chan hasil dari upaya pengajuan grasi yang belum diputuskan oleh Presiden. Jika grasi ditolak, maka keduanya harus siap menjalani eksekusi mati. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com