Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direktur LSM Ditembak, Tim Cobra Jatim Turun Tangan

Kompas.com - 21/01/2015, 16:41 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kasus penembakan aktivis di Bangkalan, Madura menjadi perhatian serius Kepolisian Daerah Jawa Timur. Tim Cobra dari Unit Kejahatan Dan Kekerasan (Jatanras) Polda Jatim diturunkan ke Bangkalan untuk menyelidiki kasus penembakan bersama tim dari Polres Bangkalan.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Polisi Awi Setiyono menjelaskan, Kapolda Jatim Irjen Pol Anas Yusuf memerintahkan khusus kepada Direktur Polair Kombes Pol Agus Duta untuk memimpin penyelidikan.

"Pak kapolda juga telah memberi arahan khusus kepada semua kapolres di sekitar Madura untuk membantu penyelidikan," tambahnya.

Kata Awi, Tim Cobra Polda Jatim sudah berada di Bangkalan dan melakukan penyelidikan sejak Selasa pagi. Polda Jatim saat ini masih mengidentifikasi senjata pelaku dari peluru yang diangkat dari tubuh korban.

"Senjata berkaliber 9 milimeter. Berlapis tembaga, tidak ada alur galangan dan dataran, sepertinya sudah dihapus," jelasnya. 

Mathur Husairi (47), direktur LSM Crisis Islam of Democration (CIDe) ditembak saat hendak membuka pintu pagar rumahnya di Jalan Teuku Umar, Kelurahan Kemayoran, Selasa (20/1/2015) sekitar pukul 02.00 WIB. Saat itu, dia baru saja pulang dari Surabaya menggunakan Toyota Avanza abu-abu metalik M 307 HA. Belum jelas apa motif penembakan tersebut.

Sementara itu, kondisi korban hingga Rabu (21/1/2015) siang terpantau berangsur membaik, meski masih menggunakan selang pernapasan. Baru tiga hari ke depan, korban bisa dipindahkan ke kamar perawatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com