Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Jenazah Penumpang AirAsia Sempat Dimakamkan Warga Pulau Sembilan

Kompas.com - 18/01/2015, 15:53 WIB


KOTABARU, KOMPAS.com
 — Tiga jasad penumpang AirAsia QZ8501 yang ditemukan nelayan sempat dimakamkan di Pulau Maradapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kotabaru, Kalimantan Selatan, sebelum diambil untuk identifikasi. 

"Saat tim tiba di Pulau Maradapan, tiga mayat yang ditemukan nelayan setempat sudah dikuburkan karena warga tak tahan mencium aroma kurang sedap dan menyengat," kata anggota penyelamatPos SAR Kotabaru, Muhammad Imam Nazarudin, di Kotabaru, Sabtu (17/1/2015).

Ketiga mayat terdiri dari dua perempuan, masing-masing dewasa dan remaja, serta satu laki-laki dewasa. Mereka dimakamkan dalam satu liang, dibungkus terpal warna biru. Mayat tersebut sengaja dikubur dengan kedalaman satu mater untuk memudahkan pembongkaran.

Tim SAR gabungan dari Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, membongkar kuburan tiga jasad korban setelah mendapat laporan warga pada Kamis (14/1/2015).

Pagi harinya, tim gabungan bersama warga membongkar kuburan agar jenazah-jenazah bisa dibawa ke Kotabaru. Ketiga jenazah kemudian dikirim ke Surabaya, Jawa Timur, Sabtu kemarin, untuk diidentifikasi tim Disaster and Victim Identification (DVI) Polda Jatim. 

Selain temuan tiga mayat, di daerah tersebut juga ditemukan sejumlah barang, seperti potongan kursi, busa sandaran kursi, dan kotak bagasi.

Sesampai di Kotabaru, tiga mayat dan barang-barang yang ditemukan diterbangkan ke Juanda, Surabaya, menggunakan pesawat Casa NC212 Skuadron Udara 600 Wing Udara I Pusat Penerbangan TNI AL dari Bandara Gusti Syamsir Alam Stagen, Kotabaru, Kalsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com