Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecewa Jenazah Terpidana Mati Tak Kunjung Keluar Lapas, Warga Bubar

Kompas.com - 18/01/2015, 02:56 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com - Ratusan warga yang berkerumun di depan gerbang Pelabuhan Penyeberangan Lapas Nusakambangan, Cilacap, akhirnya membubarkan diri pada Minggu (18/1/2015) dini hari. Mereka terlihat kecewa akibat jenazah terpidana mati tak kunjung keluar dari lapas.

"Saya pulang saja, lama ini kapan ada keluar jenazah, subuh gini belum ada kabar apapun," kata Maman (53), salah seorang warga asal Banjar, Jawa Barat, yang sengaja datang ke Nusakambangan.

Maman datang ke Cilacap bersama istri dan saudaranya hanya ingin melihat secara langsung rencana eksekusi terpidana mati di Lapas Nusakambangan.

"Saya tadi sore lihat berita di Nusakambangan akan ada hukuman mati. Jadi saya ke sini, eh ditunggu-tunggu jenazahnya gak keluar pelabuhan," kata Maman.

Selain Maman dan keluarganya, warga lainnya telah membubarkan diri dan meninggalkan area di sekitar Dermaga Wijaya Pura. Kini, di depan gerbang dermaga terlihat lengang dan sepi.  Namun, awak media dalam dan luar negeri masih terlihat di tempat itu.

Diberitakan sebelumnya, lima terpidana mati menurut rencana akan dieksekusi di Lapas Nusakambangan pada pukul 00.00 WIB, Sabtu tengah malam. Mereka terdiri atas Ang Kim Soei (62) warga Negara Belanda, Namaona Denis (48) Warga negara Malawi, Marco Archer Cardoso Mareira (53) warga negara Brasil, Daniel Enemua (38) warga negara Nigeria, dan Rani Andriani atau Melisa Aprilia (38) warga negara Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com