Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buru Pelaku Penembakan, Polisi Sisir Wilayah Tangkura Poso

Kompas.com - 16/01/2015, 14:28 WIB
Kontributor Palu, Erna Dwi Lidiawati

Penulis

PALU, KOMPAS.com – Aparat Detasemen Khusus 88 Anti Teror dan Kepolisian Resor Poso, Jumat (16/1/2015), melakukan penyisiran di wilayah Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

Sebanyak 30 personel polisi diterjunkan untuk mencari pelaku penembakan yang menewaskan tiga orang warga sipil di Poso, Kamis (15/1/2015) kemarin.

Kepala Polres Poso, AKBP Ronny Suseno mengatakan, para pelaku penembakan diduga masih berada di wilayah Poso, Sulawesi Tengah. “Untuk penyisiran di wilayah Tangkura, kita menggunakan kekuatan dari kepolisian. Personel kita masih cukup untuk melakukan penyisiran di wilayah Tangkura,” kata Ronny, Jumat (16/1/2015).

Pelaku penembakan oleh sipil bersenjata ini, menurut Kapolres, adalah jaringan kelompok Santoso. Kepala Polres juga mengatakan, jaringan kelompok Santoso sebenarnya sudah terpantau lama di wilayah ini.

“Kekerasan bersenjata yang dilakukan di Poso ini dilakukan oleh kelompok teroris Santoso cs. Itu berdasarkan hasil penyelidikan. Kita kan untuk menetapkan status orang sebagai teroris tidak sembarangan. Semua itu dilakukan bertahun-tahun untuk penyelidikan,” kata Ronny.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga orang warga Desa Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, tewas ditembak oleh orang tak dikenal, sekitar pukul 17.00 wita kemarin.  Saat ini ketiga jenazah itu sudah dievakuasi.

Tentang senjata yang digunakan pelaku, Kapolres mengaku belum mengetahui pasti. “Dugaan kita M16, tapi saya tidak mau berasumsi soal senjata yang digunakan pelaku. Nanti kita lihat menunggu hasil otopsi,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com