Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Kasih Pak Menteri, Jembatan Gantung Bisa Hemat Waktu Jalan Kaki 2 Jam

Kompas.com - 15/01/2015, 20:32 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Warga Desa Slukatan, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, kini sudah memiliki jembatan gantung untuk mempersingkat akses lintas-desa. Kamis (15/1/2015), penggunaan jembatan ini diresmikan oleh Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri.

Menaker Hanif mengatakan, jembatan ini merupakan salah satu pilot project kegiatan padat karya berbasis lokal (LRB) yang dibuat Kemenaker. Selain di Wonosobo, kata Hanif, pembangunan jembatan padat karya juga dilakukan di beberapa daerah, yaitu Kabupaten Jombang, Nganjuk, Bantul dan Kabupaten Pandeglang.

"Pemerintah memprioritaskan program padat karya yang langsung bersentuhan dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat," kata Hanif dalam keterangan pers Pusat Humas Kemenaker di Jakarta, Kamis.

Selain Menaker M Hanif, peresmian jembatan gantung ini juga dihadiri Bupati Wonosobo Abdul Kholik Arif, Wakil Bupati Wonosobo Maya Rosida dan Direktur ILO Indonesia Michiko Miyamoto.

Pembangunan jembatan gantung besi sepanjang 62 meter dengan berat mencapai 8 ton  melibatkan 500 orang warga desa sehingga mengurangi angka pengangguran di kawasan tersebut.

Jembatan di daerah terpencil ini sangat berarti bagi warga Desa Slukatan. Sebelumnya, untuk menyeberang ke desa lain, mereka harus memutar dan memakan waktu selama dua jam.

"Terima kasih Pak Menteri, berkat jembatan ini kita tidak perlu lagi jalan memutar ke desa seberang sana. Jembatan ini menghemat waktu 2 jam jalan kaki," kata seorang warga yang ikut menyambut Menaker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com