Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Berharap Polda Sulbar Segera Terbentuk

Kompas.com - 14/01/2015, 21:12 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh berharap Kepolisian Daerah Sulbar segera terbentuk. Sebagai wujud dukungan, Pemerintah Provinsi Sulbar sudah menghibahkan lahan seluas 4,5 hektar.

"Sudah lama kami menunggu, terutama masyarakat Sulbar keberadaan Polda Sulbar. Sudah 8 tahun, kami menunggu dan menggagas Polda Sulbar. Jika adanya Polda di Sulbar, penanganan kasus dan penegakan hukum bisa cepat tuntas," kata Anwar seusai menandatangani berita acara serah terima hibah aset tanah di Markas Polda Sulselbar di Makassar, Rabu (14/1/2015).

Adnan menambahkan, Pemprov Sulbar siap terus membantu Polri dalam kelengkapan kesatuan termasuk penyediaan lahan asrama, rumah dinas pimpinan dan Markas Kepolisian Perairan (Polair).

"Saya berharap, semoga saja bisa terlaksana cepat pembangunan Polda Sulbar. Tidak masalah Kapoldanya bukan putra daerah, yang jelas selama saya masih gubernur, Polda Sulbar bisa terbentuk," tandas Anwar.

Sementara itu, Kepala Polda Sulawesi Selatan-Barat (Sulselbar) Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi Anton Setiadji mengatakan, pihaknya segera menindaklanjuti pembangunan Polda Sulbar. Rencananya, Polda Sulbar akan dibentuk pada 2016 mendatang.

"Insya Allah, 2016 bisa dimulai pembangunan Polda Sulbar. Bulan Februari mendatang, ada tim dari Mabes Polri meninjau lokasi. Jadi perencanaan penganggaran bisa dilakukan di tahun ini. Poldanya pasti tipe B, tidak seperti Polda Sulsel yang bertipe A," katanya.

Anton menambahkan, saat ini pihaknya kesulitan memantau keamanan dan ketertiban wilayah Sulbar yang letaknya sangat jauh dari Markas Polda Sulsel yang berada di Makassar.

"Bayangkan kalau memantau dua provinsi, pasti sulit karena wilayahnya sangat jauh. Jadi, kalau sudah terbentuk markas Polda Sulbar, saya juga akan mengusulkan pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN). Dimana, rata-rata polisi yang bertugas di Sulbar adalah warga pendatang. Saat ini polisi yang bertugas di Sulbar hanya 20 persen," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com