Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tuntut Otonomi Khusus, Gubernur Kaltim Gelar Aksi Diam di Gedung DPRD

Kompas.com - 13/01/2015, 21:55 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

SAMARINDA, KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak ngotot menuntut otonomi khusus (otsus) pada pemerintah pusat. Bahkan, dia akan melakukan aksi diam di gedung DPRD Kaltim jika tuntutan itu tak dipenuhi.

“Saya tegas menyatakan menuntut otsus. Saya akan melakukan aksi diam di gedung DPRD Kaltim,” tegasnya (13/1/2015).

Dijelaskan Awang, aksinya kali ini tidak perlu repot menggunakan urat dan suara. Di tengah kondisinya yang belum sehat, Awang akan duduk tenang dan tidak bicara sepatah kata pun di gedung DPRD.

“Saya akan duduk dan diam saja, jadi yang mau liputan ya tidak bisa tanya-tanya. Kan namanya aksi diam, jadi tidak ada suara dan tidak ada gerakan,” jelasnya.

Dia pun membandingkan aksinya dengan aksi demo lainnya. Menurut dia, aksinya kali ini sangat terhormat seperti aksi Mahatma Gandhi saat melawan Inggris.

“Aksi diam ini seperti yang dilakukan Mahatma Gandhi saat melawan Inggris, dan hasilnya menang. Makanya, saya gunakan cara ini, karena saya yakin masyarakat Kaltim akan mendukung otsus ini,” terangnya.

Disinggung kapan aksi tersebut digelar, Awang mengaku masih merahasiakannya. Dia hanya mengatakan bahwa aksi tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Masih mencari waktu yang tepat, tapi dalam waktu dekat,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com