Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemulung Temukan Mortir Aktif di Tumpukan Sampah

Kompas.com - 13/01/2015, 17:55 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Paidi (20), warga Jalan Ikan Cakalan, Lingkungan Ujung, Kelurahan Kepatihan, Kabupaten Banyuwangi, Selasa (13/1/2015) menemukan mortir aktif yang diduga berasal dari zaman Belanda.

Pria yang sehari-hari berprofesi sebagi pemulung tersebut secara tidak sengaja menemukan barang tersebut di antara tumpukan sampah ketika ia mencari barang rongsokan.

"Paidi tidak tahu kalau mortir itu masih aktif dan berbahaya. Jadi ia bawa pulang, rencananya mau dijual. Kebetulan ada tetangga yang pensiun dari anggota TNI yang tahu mortir itu masih aktif, jadinya dilaporkan ke Polsek Banyuwangi," jelas Sutrisno, salah satu warga saat dihubungi Kompas.com, Selasa (13/1/2015).

Sementara itu, Kapolsek Banyuwangi AKP I Ketut Redana saat dihubungi Kompas.com membenarkan penemuar mortir tersebut. Saat ini, barang tersebut sudah diserahkan ke Polres Banyuwangi.

"Penemu atas nama Paidi masih dimintai keterangan untuk mengumpulkan informasi," jelasnya.

Mortir aktif yang diduga berasal dari zaman Belanda tersebut saat ini diamankan di gudang senjata Polres Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com