Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Web Polisi Diretas dan Diisi Foto-foto Perempuan Cantik

Kompas.com - 13/01/2015, 14:07 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Situs web Polres Kulonprogo yang sudah dua tahun tidak aktif diretas. Perubahan konten situs web tersebut terjadi sejak Senin kemarin. Sebelumnya, situs dengan alamat www.Polreskulonprogo.com berisi tentang informasi kegiatan Polres Kulonprogo. Namun, sejak diretas, isinya berubah dengan aksara Jepang.

Selain situs web Polres Kulonprogo, situs web www.tmcjogja.com milik Ditlantas Polda DIY juga diretas. Konten situs web www.tmcjogja.com tersebut kini berisi foto-foto perempuan cantik. "Web itu sudah tidak aktif selama dua tahun lalu," ujar Kepala Polres Kulonprogo, AKBP Yulianto, Selasa (13/1/2015).

Yulianto mengaku baru mengetahui jika situs itu diretas setelah mendapat laporan dari bawahannya. Dia pun belum sempat mengecek kondisi situs itu saat ini. "Saya belum cek. Kemarin baru tahu dapat laporan anggota," tegas dia.

Dia pun berencana akan segera memperbaiki situs web Polres Kulonprogo dan kembali diaktifkan sebagai sumber informasi bagi masyarakat.

Sementara itu, praktisi teknologi informasi, Romli ZA, menduga, peretas situs web tersebut adalah orang asing. Pintu masuk peretas adalah melalui aplikasi atau plugin yang digunakan dalam situs tersebut. "Biasanya hanya iseng, tapi motifnya apa saya juga tidak paham," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com