Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Potensi Awan Kumulonimbus di Daerah Target Pencarian AirAsia Hari Ini

Kompas.com - 10/01/2015, 08:26 WIB
Andri Donnal Putera

Penulis

PANGKALAN BUN, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, memperkirakan cuaca di daerah target pencarian AirAsia QZ8501 hari ini, Sabtu (10/1/2015), cerah berawan. Namun, ada potensi pembentukan awan kumulonimbus di sebagian daerah sektor pencarian.

Melalui keterangan resminya, BMKG Pangkalan Bun menyatakan bahwa dari pagi hari, cuaca akan cerah berawan. Cuaca disebut relatif kondusif seperti kemarin sehingga operasi pencarian bisa dilakukan, baik untuk pencarian udara maupun bawah air.

Ketinggian gelombang laut sendiri untuk hari ini, terutama di sektor barat, berkisar antara 1,5-3 meter. Di sektor timur pencarian, gelombang setinggi 2,5-3,5 meter.

Keadaan arus permukaan laut sendiri secara umum adalah dari arah barat dengan kecepatan 15-30 sentimeter per detik. Meski demikian, di sekitar sektor barat pencarian, dinamika atmosfer masih cukup besar.

Dinamika ini diperkirakan berpotensi membentuk awan kumulonimbus. Pencarian hari ini masih akan dipimpin oleh Panglima TNI Jenderal Moeldoko yang menempati Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Banda Aceh.

Pengangkatan ekor pesawat juga tetap jadi salah satu fokus setelah kemarin belum berhasil diangkat. [Baca: Basarnas Kejar Pengangkatan Ekor AirAsia QZ8501 Sebelum Terendam Lumpur]

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com