Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Oleng, Ratusan Sapi dan Kambing Tenggelam di Perairan Masalembu

Kompas.com - 07/01/2015, 17:09 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Ratusan hewan ternak jenis kambing dan sapi tenggelam bersama KM Karya Utama II di Perairan Masalembu, Jawa Timur. Sebanyak 13 anak buah kapal (ABK) selamat dan dievakuasi di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Dua ABK yang selamat sampai di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Selasa (6/1/2015) malam. Keduanya menumpang Kapal Labobar milik Pelni yang akan tiba di Surabaya dari Banjarmasin. Sementara itu, 11 ABK lainnya dijadwalkan sampai di Surabaya dengan kapal Basarnas, malam ini.

Direktur Polair Polda Jatim, AKBP Nanang Masbudi, akan mendalami peristiwa tenggelamnya kapal tersebut, namun dipastikan tidak akan ada proses evakuasi.

"13 ABK sudah pasti selamat, kami tidak akan melakukan evakuasi kapal dan hewan ternak muatannya, karena sudah tenggelam," ujarnya, Rabu (7/1/2015).

KM Karya Utama II berangkat Pelabuhan Jangkar Situbondo, Jawa Timur pada Jumat (2/1/2015) malam membawa 204 ekor sapi dan 750 ekor kambing. Kapal tersebut akan menuju Banjarmasin. Namun saat 40 mil dari Pulau Masalembu, kapal oleng dan tenggelam setelah tersapu ombak setinggi empat meter.

Menurut keterangan ABK, tenggelamnya kapal pada Sabtu (3/1/2015) sekitar pukul 14.00 WIB. Kapal ini mengalami kerusakan pada pembuangan air yang tersumbat oleh kotoran. Sehingga kapal oleng dan ternggelam pelan-pelan setelah disapu gelombang air laut setinggi 4 meter.

"Air pembuangan tersumbat oleh kotoran hewan yang diangkut," kata Nanang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com