Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Mulai "Bayar" Janji Kampanye Rp 100 Juta Tiap RW

Kompas.com - 06/01/2015, 10:22 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com —
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil siap memulai realisasi janji kampanyenya untuk memberikan Rp 100 juta ke setiap rukun warga (RW). Pria yang akrab disapa Emil ini mengaku baru bisa merealisasikannya selang setahun setelah terpilih lantaran terbentur dengan regulasi.

Pada tahun 2015 ini, Emil akan merealisasikannya melalui Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan (PIPPK) setelah mendapatkan restu dari DPRD.

"Yang bakal dikejar adalah PIPPK, Rp 100 juta per RW. Sudah diketuk palu," kata Emil di Bandung, Selasa (6/1/2015).

Emil menjelaskan, dalam program PIPPK tersebut, Pemkot Bandung tidak akan memberikan uang tunai secara langsung ke masyarakat. Bentuknya, kata Emil, adalah berupa program kegiatan di masyarakat.

"Tidak ada cash bantuan hibah uang," katanya.

Emil menambahkan, dalam waktu satu bulan ini, Pemkot Bandung akan segera membuat buku panduan yang akan disebarkan ke masyarakat terkait tata cara pengajuan permohonan untuk mendapatkan bantuan PIPPK tersebut.

"Bulan ini bikin buku panduannya yang detail. Fokus untuk infrastruktur kebersihan 70 persen, 30 persen lain-lain," tuturnya.

Melalui program ini, warga Kota Bandung yang memang memiliki rencana kegiatan terkait kebersihan, ketertiban, keindahan, atau rencana untuk membeli alat-alat kebersihan akan diprioritaskan.

"Jadi, sistemnya padat karya, dikerjakan sendiri oleh warga. Tukangnya, mandornya, kontraktornya, EO (event organizer) semua oleh warga sehingga warga bekerja, warga mendapat manfaat, itu konsepnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com