Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basarnas: Sebagian Puing AirAsia QZ8501 Berada di Bawah Laut

Kompas.com - 30/12/2014, 17:05 WIB
PANGKALAN BUN, KOMPAS.com — Lokasi penemuan jenazah dan serpihan badan pesawat AirAsia QZ8501 sudah dipastikan. Semua unsur yang mengikuti operasi search and rescue pesawat yang hilang kontak sejak Minggu (28/12/2014) akan dipusatkan di lokasi tadi.

"Armada di laut dan udara merapat ke lokasi untuk menindaklanjuti operasi bawah air. Sebagian puing di bawah laut. Jadi, kita harus mengambil tindakan di atas laut dan bawah laut," ujar Direktur Operasi Badan SAR Nasional Supriyadi di Pangkalan Bun, Selasa (30/12/2014).

Penemuan serpihan pesawat AirAsia pertama kali terpantau oleh pesawat CN235 TNI Angkatan Udara yang disupervisi Pangkopsau I. Setelah mendapat informasi tersebut, pesawat Boeing 737 TNI Angkatan Udara ikut ke lokasi untuk memastikan temuan tersebut dan positif.

"Pesawat Boeing masih di atas mengendalikan dari wilayah tersebut, sementara helikopter Puma ke lokasi untuk mengambil salah satu sampel," imbuh Supriyadi.

Ia mengaku pesawat Basarnas sempat memanggil pesawat TNI AL yang ada di lokasi kejadian, termasuk KRI Bung Tomo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com