Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Doakan Pencarian AirAsia, Warga Belitung Gelar Upacara Adat

Kompas.com - 30/12/2014, 04:27 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

MANGGAR, KOMPAS.com - Masyarakat di Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur, akan mengadakan upacara adat, Selasa (30/12/2014) pagi, untuk mendoakan tim SAR gabungan yang mencari Pesawat AirAsia QZ8501 yang diduga hilang di perairan Belitung Timur.

"Besok kami bersama-sama masyarakat lakukan upacara adat. Kami mendoakan agar pesawat dapat segera ditemukan," ujar Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama, saat ditemui di Posko Terpadu di Kota Manggar, Belitung Timur, Senin (29/12/2014).

Basuri mengatakan, upacara adat tersebut dilakukan atas inisiatif Pemerintah Daerah Belitung Timur. Rencananya, upacara adat yang akan dihadiri oleh tetua-tetua adat setempat akan digelar di Posko Terpadu Kota Manggar pada Selasa pukul 09.00 WIB.

Menurut Basuri, Pemda Belitung Timur mendukung penuh pencarian pesawat Air Asia. Seluruh instansi Pemda, TNI, dan Polri, sebut Basuri, telah memberikan bantuan dalam upaya pencarian.

"Sejak hari Minggu, begitu dapat  informasi, kami langsung membentuk posko bersama dan langsung turun ke lapangan. TNI AL dan Kapolres langsung ke daerah yang dicurigai, yaitu Pulau Nangka, serta Pulau Cerutu, dan Pulau Pesemut," kata Basuri.

Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 dalam rute penerbangan Surabaya-Singapura, diketahui hilang kontak dengan menara pusat pengendali penerbangan pada Minggu (28/12/2014) pagi.

Seusai Kementerian Perhubungan menyatakan pesawat tersebut hilang, Badan SAR Nasional (Basarnas) dibantu dengan TNI Angkatan Laut dan beberapa instansi segera melakukan pencarian pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com