Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Purwakarta Luncurkan Air Mancur Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 28/12/2014, 19:17 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


PURWAKARTA, KOMPAS.com
- Untuk menarik kunjungan wisatawan, Purwakarta memperkenalkan air mancur Sri Baduga yang diklaim sebagai air mancur terbesar di Indonesia.

"Air mancur ini merupakan pembangunan tahap pertama dari Taman Sri Baduga. Dengan lingkaran 1 hektare, air mancur ini menjadi yang terbesar di Indonesia," ujar Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi dalam konferensi persnya di Purwakarta, Sabtu malam (27/12/2014).

Dedi menjelaskan, air mancur ini memiliki banyak variasi gerakan, disesuaikan dengan hentakan irama musik. Jika hentakan cukup cepat, air mancur pun akan menari dengan cepat. Namun jika alunan musik lambat, air mancur akan menari dengan gemulai.

"Kami program beragam jenis musik secara digital. Jadi pengunjung tak hanya bisa melihat air mancur menari, tapi juga iringan musik," terangnya.

Selain musik dan variasi tarian air mancur, pihaknya akan melengkapinya dengan unsur tata cahaya dan api di atas air. Bahkan ke depan, di sekeliling taman akan dipasang kursi untuk menonton teater.

"Akan dilengkapi juga dengan taman bunga, miniatur kerajaan sunda. Ya...mirip TMII (Taman Mini Indonesia Indah) lah. Tapi tidak boleh ada satu pohon pun yang ditebang," ungkap Dedi.

Semua sajian tersebut bisa dinikmati secara cuma-cuma setiap Sabtu malam pada pukul 20.00-22.00 WIB. Sedangkan untuk hari biasa, air mancur bisa dinikmati pada pukul 06.00-09.00 WIB serta 15.30-18.00 WIB.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, ribuan warga dari Purwakarta dan sekitarnya memenuhi area Taman Sri Baduga serta Jalan Gandanegara dan Jalan Siliwangi sejak pukul 19.00 WIB. Mereka sengaja meluangkan waktu untuk melihat ruang publik baru yang akan dijadikan ikon Purwakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com