Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adik Ahok Ikut Pimpin Pencarian AirAsia di Belitung Timur

Kompas.com - 28/12/2014, 13:23 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaja Purnama membenarkan pesawat AirAsia QZ 8501 dari Surabaya ke Singapura sempat melintas di wilayahnya. Keberadaan pesawat tersebut sempat terpantau radar milik TNI AU yang berada di Korhanudnas HAS Hanandjoeddin.

Kendati demikian, ia belum dapat memastikan apakah pesawat itu hilang di perairan Belitung.  "Pesawat AirAsia kontak terakhir dengan jarak 20 Nautical mile di Manggar Belitung Timur," kata Basuri kepada Kompas.com, Minggu (28/12/2014).

Saat ini, pihaknya masih berkoordinasi dengan TNI AU, Basarnas, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk melakukan pencarian. "Sekarang saya masih on the way ke posko dan menyiapkan pasukan untuk melakukan pencarian," kata Basuri.

Sementara itu TNI AU telah mengirimkan tim pencari untuk membantu melacak keberadaan pesawat Airbus 320 milik maskapai penerbangan AirAsia tersebut. TNI AU pun mengirimkan pesawat Boeing 737 surveilance untuk pencarian.

Sebelumnya diberitakan sebuah pesawat dikabarkan jatuh di perairan laut Belitung Timur, Bangka Belitung, Minggu (28/12). Namun belum dipastikan titik lokasi jatuhnya pesawat tersebut.

"Tadi Pak Danlanud telepon Bapak (Basuri), ngasi informasi ada pesawat air bus jatuh di sekitar perairan Beltim," ungkap Yuhinu, ajudan Bupati Beltim Basuri T Purnama, saat menghubungi Bangkapos.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com