Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Mahasiswa dari Dua Fakultas UIN Alauddin Terlibat Bentrok

Kompas.com - 24/12/2014, 22:03 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis


GOWA, KOMPAS.com - Puluhan mahasiswa Fakultas Sains Teknologi terlibat bentrok dengan Mahasiswa Fakultas Hukum dan Syarian, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar di kampus 2 Samata, Kecamatan Sombaopu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Bentrokan ini berakhir setelah aparat dibubarkan dengan tembakan gas air mata aparat kepolisian. Rabu, (24/12/2014).

Bentrok terbuka yang terjadi di lapangan kampus setempat terjadi sekira pukul 11.30 Wita saat puluhan mahasiswa Fakultas Hukum dan Syariah menyerang Fakultas Sains Teknologi dengan melakukan pengrusakan sejumlah kendaraan dan gedung perkuliahan. Akibatnya, tawuran massal tak dapat terhindarkan hinga ke arena lapangan terbuka.

Bentrokan mereda setelah pihak kampus dibantu aparat kepolisian tiba di lokasi untuk melerai kedua kubu yang bertikai.

"Anak Hukum yang tiba tiba menyerang padahal kami sementara kuliah," kata Abdi, salah seorang mahasiswa.

Bentrokan susulan kembali terjadi sekira pukul 13.15 wita saat mahasiswa Fakultas Hukum dan Syariah kembali menyerang Fakultas Sains Teknologi. Bentrok kedua ini berlangsung selama 20 menit sebelum akhirnya dibubarkan paksa oleh aparat kepolisian dengan tembakan gas air mata.

Mahasiswa akhirnya membubarkan diri setelah pihak kampus mengambil kebijakan untuk menghentikan segala jenis aktivitas kampus. Dalam bentrokan ini tak ada mahasiswa yang diamankan oleh aparat kepolisian.

"Kami sebatas mengamankan dan anggota masih kami siagakan di di TKP (tempat kejadian perkara) untuk mengantisipasi bentrokan susulan," kata Iptu Hambali, Kepala Unit Reserse dan Kriminal (Kanit Reskrim) Polsek Sombaopu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com