Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Pastikan Forum Jaga Lembur Tidak Dapat Hibah Bansos

Kompas.com - 24/12/2014, 13:41 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, memastikan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh ormas-ormas dan LSM yang tergabung dalam Komunitas Jaga Lembur Bela Bandung tidak akan diberikan dana hibah Bantuan Sosial (Bansos). Hal itu sesuai perintah Presiden Joko Widodo kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk menghapus dana bansos.

Penghapusan anggaran bansos dilakukan atas dasar banyaknya tindak penyelewengan. Tindakan penyelewengan tersebut dilakukan oleh kepala daerah atau DPRD.

"Tidak ada bansos sama sekali. Kalau mau bangun Bandung, bangunlah dengan bekerja. Jadi, tidak dengan proposal yang sifatnya hibah-hibah bansos," kata Emil seusai Apel Siaga Jaga Lembur Bela Bandung 2014 di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kota Bandung, Rabu (24/12/2014).

Dengan keputusan yang telah dikeluarkan oleh Emil dan Kemendagri, ormas-ormas dan LSM dipastikan tidak bisa memanfaatkan Komunitas Forum Jaga Lembur hanya untuk mengambil keuntungan dari dana bansos apapun kegiatannya.

"Kalau mau, bekerja. Seperti ada perusahaan yang bisa ikut proyek di Kota Bandung. Ada kerjaan apa yang penting kerjanya tidak mengorbankan kualitas dan dapat bekerja sesuai aturan. Dengan begitu, pendapatan dari pekerjaan bisa dipakai untuk membiayai organisasi," tuturnya.

Sebelumnya, dalam rangka menjaga kondusifitas keamanan di Kota Bandung pada saat Natal dan tahun baru, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan terbentuknya Komunitas Forum Jaga Lembur (Kampung Halaman), Rabu (24/12/2014). Forum tersebut merupakan gabungan dari sejumlah Ormas dan LSM yang ada di Kota Bandung.

Emil--sapaan akrab Ridwan Kamil-- menjelaskan, dibentuknya forum tersebut adalah untuk menunjukkan kekompakan Ormas dan LSM di Kota Bandung. Forum tersebut diharapkan juga bisa menghapus image anarkistis dan brutal yang kerap ditunjukkan LSM dan Ormas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com