Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Tengok Ibu yang Melahirkan di Tengah Puting Beliung

Kompas.com - 19/12/2014, 09:47 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyempatkan diri menjenguk seorang ibu yang harus melakukan proses persalinan di tengah dampak bencana puting beliung, yang sebelumnya melanda wilayah Bandung Timur.

Emil—demikian Ridwan Kamil biasa disapa—menjenguk ibu yang melahirkan itu setelah sebelumnya memimpin apel tanggap bencana di Cipadung, Bandung, Jumat (19/12/2014) pagi.

Dalam kesempatan itu, Emil mengungkapkan, ada sedikitnya 700 rumah rusak akibat bencana yang terjadi pada Kamis kemarin sekitar pukul 17.00 WIB tersebut. Ratusan rumah itu berada di tiga kecamatan, yakni Cibiru, Panyileukan, dan Cinambo.

"Jumlah itu belum termasuk pabrik, ruko, dan lainnya. Karena pada malam hari, pabrik tutup sehingga kami tidak bisa mendatanya," ujar Wali Kota.

Selain itu, terdapat 80 pohon yang tumbang dan menimpa sebagian rumah. Hari ini, Pemkot Bandung bekerja sama dengan Dandim, kepolisian, dan relawan membersihkan sisa-sisa potongan kayu dan puing bangunan dari jalan raya.

Selain itu, seribuan anggota tim gabungan ini akan membersihkan puing-puing bangunan ataupun pohon yang menimpa rumah. "Saya menunjuk Pak Dandim untuk memimpin tim tanggap darurat. Bagi masyarakat yang akan menjadi tim relawan, silakan hubungi Dinas Sosial atau posko terdekat," ucap Emil.

Seusai apel tim tanggap darurat inilah, Emil yang langsung menuju lokasi bencana di Kelurahan Cipadung Wetan, Kecamatan Panyileukan, menyempatkan diri menjenguk sang ibu yang melahirkan itu.

Sejauh ini terlihat, warga dan tim relawan bekerja sama membersihkan puing-puing bangunan. Warga juga menurunkan seng-seng yang menyangkut di pohon akibat terjangan puting beliung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com