Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Puting Beliung, Cibiru Gelap Gulita dan 85 Rumah Rusak

Kompas.com - 19/12/2014, 00:53 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Sebagian titik di Bandung Timur, Kota Bandung, Jawa Barat, gelap gulita, Kamis (18/12/2014) malam. Hal ini terjadi setelah angin puting beliung disertai hujan deras melanda daerah tersebut pada Kamis petang.

"Anginnya kencang hingga menumbangkan tiang listrik," ujar Camat Cibiru, Tatang Mukhtar, ketika dihubungi lewat telepon, Kamis. Dia mengatakan, laporan sementara yang dia terima mencatat setidaknya 85 rumah rusak karena terjangan angin puting beliung ini.

Rumah yang terdata rusak itu, sebut Tatang, berada di RW 1, 2, 3, dan 4, Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. Jumlah tersebut, kata dia, masih bisa bertambah karena data masih terus dikumpulkan.

Sementara itu, salah satu pemilik rumah, Ade, mengungkapkan, sebagian atap rumahnya terbang. Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan seperti bocor saat hujan atau terjadi kejadian serupa, ia memutuskan untuk mengungsi sementara waktu. "Ngungsi dulu saja ke rumah saudara, tapi tidak semua (mengungsi), bapaknya tetap di sini."

Dari pantauan Kompas.com, perumahan warga yang gelap gulita berada di sekitaran Kelurahan Cipadung, dimulai dari depan Borma hingga mendekati UIN Bandung. Selain perumahan, sejumlah rumah makan dan pom bensin juga mengalami hal serupa.

Adapun di pinggir jalan raya sepanjang Borma Cipadung hingga Cibiru, terlihat tumpukan kayu potongan dari pepohonan tumbang maupun dahan atau ranting yang patah. Meski jalan ini sudah bisa dilewati lagi, para pengendara kendaraan bermotor diminta tetap hati-hati karena ada banyak serbuk kayu tertinggal, selain jalanan yang basah karena hujan masih turun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com