Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Massa Hentikan Pemutaran Film "Senyap"

Kompas.com - 18/12/2014, 04:21 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pemutaran film Senyap (The Look of Silence) karya Joshua Oppenheimer di Kampus Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (17/12/2014) malam, dihentikan oleh sekelompok orang. Dengan pertimbangan keamanan, pemutaran film ini gagal dilanjutkan.

Film ini mulai diputar pada pukul 19.30 WIB. Namun, antusiasme yang membeludak untuk menonton film ini membuat panitia berencana memutar lagi film tersebut pada pukul 20.00 WIB dan berlanjut dengan sesi diskusi.

Namun, pada pukul 20.35 WIB, puluhan orang mendatangi kampus ini dan berteriak-teriak meminta pemutaran film tersebut dihentikan. "PKI itu musuh negara. PKI dilarang oleh negara. Kalian tahu tidak?!" teriak salah satu dari mereka.

Mahasiswa penonton film langsung berkerumun di sekitar pos satpam di depan fakultas itu. Selain berteriak-teriak, beberapa orang dari kelompok massa itu bahkan mencoba memotret para mahasiswa dan penonton film, memakai telepon genggam.

Jajaran Dekanan Fisipol UGM tak lama kemudian datang ke lokasi begitu mendapat informasi soal kedatangan massa yang menentang pemutaran film tersebut. Setelah perwakilan Dekanan Fisipol berdialog dengan penyelenggara pemutaran film dan perwakilan massa, diputuskan acara tak dilanjutkan.

Salah satu penyelenggara pemutaran film, Tomi, mengaku sudah mendapat ancaman atas rencana pemutaran film ini sejak Rabu siang. Dia menyebutkan, ancaman datang dari salah satu organisasi massa. Namun, dengan pertimbangan pemutaran film dilakukan di dalam kampus yang semestinya merupakan lembaga studi, ancaman itu tak membatalkan rencana.

Lokasi pemutaran film juga sempat berpindah. Semula film akan diputar di Selasar Barat Fisipol UGM, tetapi lalu dipindahkan ke ruang BG 101, dengan alasan keamanan. "Kampus kan ranahnya akademis dan ilmiah. Kami juga sering memutar film dan diskusi, ini juga untuk intern. Jadi kami kira tidak masalah, tapi ternyata tetap diancam," kecam dia.

Pada Rabu sore, pemutaran film yang sama di Institut Seni Indonesia juga dihentikan hanya 5 menit sebelum rampung. Penghentian juga dilakukan oleh sekelompok massa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com